detil koleksi
DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CCHIL
pengarang 1 |
: |
HARIADI, BAMBANG |
pengarang 2 |
: |
SUNARTO, M.J. DEWIYANI |
bahasa |
: |
INDONESIA |
subyek |
: |
EDUCATIONAL TECHNOLOGY ; INSTRUCTIONAL SYSTEMS |
deskripsi |
: |
JAWA TIMUR, 2024 CV GLOBAL AKSARA PERS XIV,116P,;23CM. |
no induk |
: |
1-39652 |
isbn |
: |
9786234626698 |
lokasi rak |
: |
371.33 |
jumlah |
: |
2 eks. |
status |
: |
tersisa 2 eks. |
Pada era Revolusi Industri 4.0 diikuti terjadinya VUCA yaitu suatu keadaan yang terus menerus berubah dengan cepat (volatility), tidak pasti (uncertainty), kompleksitas (complexity), dan ambiguitas (ambiguity). Oleh karena itu, peserta didik haruslah dipersiapkan sedemikian rupa agar memiliki keterampilan berpikir untuk menghadapi bahaya VUCA tersebut. Keterampilan berpikir peserta didik yang diduga mampu untuk menghadapi era VUCA antara lain yaitu: keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). keterampilan berpikir kreatif (creative thinking skills), dan keterampilan belajar mandiri (self directed learning skills). Model Critical Creative Hybrid Independent Learning (Model CCHIL) dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk menjawab tantangan pelaksanaan pembelajaran pada era Revolusi Industri 4.0 dan era VUCA. Menggunakan model pembelajaran ini, diduga keterampilan berfikir: kritis, kreatif, dan belajar mandiri peserta didik dapat ditingkatkan. Selain itu, pembelajaran menggunakan model CCHIL dengan memanfaatkan Teknologi Informasi seperti pemanfatan komputer dan smartphone yang merupakan kebutuhan generasi Z, peserta didik dapat belajar lebih nyaman dan menyenangkan.