Image01
PROSIDING : KERANGKA MELATIH KOMUNIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN MINIATUR DONAT WARNA
PROCEEDING : TRAIN COMMUNICATION FRAMEWORK CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS MINIATURE DONUTS WITH COLOUR
Proceeding dari STIKOM Surabaya / 03-09-2013 17:43:05 WIB
Posting oleh maria  •  Ditampilkan sebanyak 22153 kali

Share this information : Share

Author : TRI SAGIRANI (970229)


Subject:INTERFACING AND COMMUNICATIONS
Keyword:Children with special needs
Instructional media
Communication

Abstract in Bahasa Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan seorang anak, tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Tunagrahita merupakan bagian dari ABK, yang dalam proses pembelajaran sering dijumpai beberapa kendala karena keterbatasan yang mereka miliki. Salah satu kendala yang dijumpai oleh ABK adalah komunikasi verbal dengan peserta didik yang lain. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat eksploratif. Penelitian jenis kualitatif dipilih untuk mendapatkan keterlibatan ABK dalam komunikasi dan kolaborasi dengan ABK yang lain dalam kelas yang sama. Didapatkan hasil peningkatan pola komunikasi dengan memanfaatkan media pengajaran berupa miniatur donat. Dalam penelitian terhadap empat ABK didapat paling sedikit seorang ABK akan melakukan komunikasi sebanyak dua kali dengan ABK yang lain. Belajar dengan permainan miniatur donat warna bagi ABK menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengasah komunikasi, kolaborasi, pergerakan fisik sekaligus belajar mengelompokkan berdasarkan warna.


Abstract

Education is one of the important things in the life of a child, without exception for children with special needs. student with intelectual disability a part of them, which is in the learning process is often encountered some problems because of their disabilities. One of the problems is verbal communication with other student. The research is a qualitative study is explorative. Selected types of qualitative research to get the student involvement in communication and collaboration with other students in the class. Obtained results can be improve communication patterns by using instructional media in the form of miniature donuts. In a study of four students, one student will communicate as much as two times with the other students. Learning the game of miniature donuts color to be one way that can be done to the communication, collaboration, learning physical and miniatures grouping by color.

Date Create:03-09-2013
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:STIKOM Surabaya-Proceeding-1-10804
Collection ID:1-10804
Call Number:Perpustakaan STIKOM Surabaya


Coverage :
Terbatas Sivitas Akademika STIKOM Surabaya

Rights :
Hak Cipta (c) 2009 oleh STIKOM SURABAYA. Dilarang mengcopy atau mendistribusikan baik sebagian atau seluruh isi koleksi ini dalam bentuk apapun, baik secara elektronis maupun mekanis tanpa izin dari penulis.

Download koleksi - Terbatas untuk Member

1. STIKOM Surabaya-Proceeding-2729-Kerangka Melatih Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus.pdf - 1034 KB pdf files



 10 dokumen yang mirip...

     Tidak ditemukan subyek yang mirip !

 10 dokumen yang berhubungan...






BANTU KAMI !
Anda bisa membantu kami untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk dokumen ini dengan melakukan klik pada link dibawah :

Children , Children with special needs , Communication , Instructional , Instructional media , media , needs , special , with



.: Kembali ke daftar Proceeding

STIKOM DIGITAL LIBRARY

INSTITUTIONAL REPOSITORY


LOGIN AREA



[ REGISTRASI MEMBER ]





LINK

+ ADD TO BOOKMARK

+ DIGILIB INDONESIA





Hits : kali sejak 13 November 2008  • Alamat IP anda: 18.226.96.61

This Project is cooperation with ITS Library. Local Content & ReDesign © Juli 2008 STIKOM Library.                                                                     Top^
Dublin Core Metadata Initiative & OpenArchives Compatible | Best Viewed with 1024 x 768 resolution and Firefox!.