Image01
PROCEEDING : THE USE OF MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR IN EDUCATING THE NATION CHARACTER BASED ON UNDERSTANDING THINKING PROCESS PROFILE
PROSIDING : PENGGUNAAN INDIKATOR JENIS BRIGGS MYERS DALAM MENDIDIK KARAKTER BANGSA BERDASARKAN PROFIL MEMAHAMI PROSES BERPIKIR
Proceeding dari STIKOM Surabaya / 30-08-2012 15:39:32 WIB
Posting oleh maria  •  Ditampilkan sebanyak 12437 kali

Share this information : Share

Author : M.J. DEWIYANI S (910049), TRI SAGIRANI (970229)


Subject:PERSONALITY
Keyword:MBTI
Nation Character Education

Abstract in Bahasa Indonesia

Memahami diri sendiri dan menyadari bahwa orang lain berbeda, adalah hal yang paling penting dalam proses belajar mengajar. Pemahaman ini akan memberikan efek positif karena para guru dan siswa menyadari bahwa setiap individu berbeda, sehingga akan menciptakan pemahaman satu sama lain. Karena perbedaan pemahaman, maka akan dilaksanakan dalam mendidik karakter bangsa. Dengan menggabungkan klasifikasi kepribadian berdasarkan The Behavioristik oleh Issabel Briggs Myers (1980) MBTI dan Berpikir Proses profile berdasarkan Dewiyani (2010), kami berharap keduanya dapat digunakan dalam membangun Karakter Bangsa.

Pendidikan Karakter Bangsa yang dipilih dalam penelitian ini karena merupakan masalah penting karena Menteri Pendidikan Mohammad Nuh menyatakan bahwa itu adalah tema utama dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2011. Menyadari bahwa Pendidikan Karakter Bangsa adalah penting, pemerintah meminta semua orang yang bertanggung jawab atas bidang pendidikan untuk mengumumkan pendidikan karakter dan begitu juga dengan PAUD (Pendidikan Anak Dini USIA).

Secara singkat, tujuan dari penelitian ini adalah penggunaan Klasifikasi Tipe Kepribadian berdasarkan MBTI dan Thinking Profil Proses oleh Dewiyani dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter Bangsa dalam proses belajar mengajar.


Abstract

Understanding ourselves and realizing that other people are different,is the most important thing in teaching learning process. This understanding will give the positive effect because the teachers and the students realize that every individuals is different, so it will create an understanding each other. Because of the difference of understanding, it will be implemented in educating the nation character. By combining the personality classification based on The Behavioristic by Issabel Briggs Myers (1980) MBTI and the Profile Thinking Process by Dewiyani (2010), we hope both of them can be used in building the Nation Character.

The Nation Character Education is chosen in this study because it is the important issue since the Minister of Education Mohammad Nuh states that it is the main theme in commemorate the national Education Day 2011. Realizing that the Nation Character Education is important, the government asks all the people who are in charge of education field to announce the character education and so does the PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

In brief, the purpose of this study is the use of Personality Type Classification based on MBTI and Thinking Process Profile by Dewiyani in implementation the Nation Character Education in teaching learning process.

Date Create:30-08-2012
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:STIKOM Surabaya-Proceeding-1-33902
Collection ID:1-33902
Call Number:Perpustakaan STIKOM Surabaya 658.054.6 Dew T


Coverage :
Terbatas Sivitas Akademika STIKOM Surabaya

Rights :
Hak Cipta (c) 2009 oleh STIKOM SURABAYA. Dilarang mengcopy atau mendistribusikan baik sebagian atau seluruh isi koleksi ini dalam bentuk apapun, baik secara elektronis maupun mekanis tanpa izin dari penulis.

Download koleksi - Terbatas untuk Member

1. STIKOM Surabaya-Proceeding-2464-THE USE OF MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR IN EDUCATING THE NATION CHARACTER BASED.pdf - 1394 KB pdf files



 10 dokumen yang mirip...



 10 dokumen yang berhubungan...






BANTU KAMI !
Anda bisa membantu kami untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk dokumen ini dengan melakukan klik pada link dibawah :

Character , Education , MBTI , Nation , Nation Character Education



.: Kembali ke daftar Proceeding

STIKOM DIGITAL LIBRARY

INSTITUTIONAL REPOSITORY


LOGIN AREA



[ REGISTRASI MEMBER ]





LINK

+ ADD TO BOOKMARK

+ DIGILIB INDONESIA





Hits : kali sejak 13 November 2008  • Alamat IP anda: 3.133.12.172

This Project is cooperation with ITS Library. Local Content & ReDesign © Juli 2008 STIKOM Library.                                                                     Top^
Dublin Core Metadata Initiative & OpenArchives Compatible | Best Viewed with 1024 x 768 resolution and Firefox!.