Image01
PROSIDING : KEPELOPORAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)DENGAN MODEL PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM PROGRAM CULTURE AND CHARACTER BUILDING
PROCEEDING : PIONEERING OF HUMAN RESOURCES WITH CHARACTER DEVELOPMENT MODEL IN CULTURE AND CHARACTER BUILDING
Proceeding dari STIKOM Surabaya / 30-08-2012 13:42:54 WIB
Posting oleh maria  •  Ditampilkan sebanyak 10184 kali

Share this information : Share

Author : TRI SAGIRANI (970229), M.J. DEWIYANI S (910049)


Subject:PROGRAM CULTURE - CHARACTER BUILDING
Keyword:Human Resources
Building Character

Abstract in Bahasa Indonesia

Indonesia saat ini sedang menghadapi dua tantangan besar, yaitu desentralisasi dan globalisasi yang akan terjadi pada tahun 2020. Kedua tantangan tersebut merupakan ujian berat yang harus dilalui dan dipersiapkan oleh bangsa Indonesia. Kunci sukses menghadapi tantangan berat itu terletak pada kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang handal dan berbudaya. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM merupakan hal penting yang harus dipikirkan secara sungguh-sungguh. Karakter bangsa merupakan aspek penting dari kualitas SDM karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa.

Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina terus menerus. Pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan yang melibatkan aspek knowledge, feeling, loving, dan acting dengan model pengembangan karakter. Model yang di maksud dapat ditempuh melalui program dalam bentuk permainan dan praktek langsung di lapangan, dengan aktivitas pertamanya yaitu seminar dan diskusi kelompok, dilanjutkan dengan pengembangan karakter melalui pelatihan lapangan (outbound trainning) dan Aktivitas ketiganya adalah praktek kepekaan sosial (pengalaman tentang rasa empati dengan cara berinteraksi langsung dengan keluarga pra sejahtera. Ketiga aktivitas ini dijalankan dengan memasukkan nilai kecerdasan sesuai dengan metode baku pembelajaran karakter yang menitik beratkan pada semangat the winner dengan 6 nilai yang menjadi karakteristiknya yaitu closed to God, pembelajar, never give up, never complain, motivator dan be happy.

Kondisi di atas sangat perlu disadari oleh manajemen pengelolah pendidikan, sehingga kegiatan pengembangan karakter ini akan dilakukan secara terus menerus. Dengan demikian akan dapat menguatkan kelembagaan dari sebuah lembaga pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas peserta didik, kepeloporan dalam sumberdaya manusia (SDM) Indonesia yang handal dan berbudaya.


Abstract

Nowadays, Indonesia is having two big challenges: Decentralization and globalization in 2020. All of us as Indonesian people should be ready and able to pass the two challenges. The key to succeed is the superior quality of human resources and cultured. Therefore, we should increase the quality of resources well. The nation character is an important part of the quality of human resources because it is considered as the advanced of a nation.

The character quality should be formed continuously. The building character should be done systematically and continuously that includes knowledge, feeling, loving, and acting with the model of character development. The model can be done through the programs that can be classified into game and out bond training. The first activity is a seminar and group discussion. The second activity is building character with out bond training. The third activity is the practice of social sensitivity (the experience about empathy by having an interaction with the poor). All of activity for inserting intelligence based on the curriculum and learning character method that stresses the winner enthusiastic with the six values characteristics namely: Closed to God, Learner, never give up, never complain, motivator, and be happy.

That condition above should be realized by the education management, therefore, development character for young generation should be done continuously. Finally it can strengthen an education institution for increasing the quality of the students, pioneering the superior and cultured human resources.

Date Create:30-08-2012
Type:Text
Format:pdf
Language:Indonesian
Identifier:STIKOM Surabaya-Proceeding-1-33901-3
Collection ID:1-33901-3
Call Number:Perpustakaan STIKOM Surabaya 658.054.6 Sag K


Coverage :
Terbatas Sivitas Akademika STIKOM Surabaya

Rights :
Hak Cipta (c) 2009 oleh STIKOM SURABAYA. Dilarang mengcopy atau mendistribusikan baik sebagian atau seluruh isi koleksi ini dalam bentuk apapun, baik secara elektronis maupun mekanis tanpa izin dari penulis.

Download koleksi - Terbatas untuk Member

1. STIKOM Surabaya-Proceeding-2461-Kepeloporan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan Model Pengembangan Karakter dalam Program Culture and Character Building.pdf - 2451 KB pdf files



 10 dokumen yang mirip...

     Tidak ditemukan subyek yang mirip !

 10 dokumen yang berhubungan...






BANTU KAMI !
Anda bisa membantu kami untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk dokumen ini dengan melakukan klik pada link dibawah :

Building , Building Character , Character , Human , Human Resources , Resources



.: Kembali ke daftar Proceeding

STIKOM DIGITAL LIBRARY

INSTITUTIONAL REPOSITORY


LOGIN AREA



[ REGISTRASI MEMBER ]





LINK

+ ADD TO BOOKMARK

+ DIGILIB INDONESIA





Hits : kali sejak 13 November 2008  • Alamat IP anda: 18.226.222.12

This Project is cooperation with ITS Library. Local Content & ReDesign © Juli 2008 STIKOM Library.                                                                     Top^
Dublin Core Metadata Initiative & OpenArchives Compatible | Best Viewed with 1024 x 768 resolution and Firefox!.